Kamis, 09 Oktober 2008

jalan sunda


Jalan Sunda di bandung sekarang trekenal macet. Padahal kalau kita mau elihat jalan ini dari ujung perapatan lima, kita akan melihat sebuah garis lurus yang sangat teduh. Tapi itu dulu, kini, dengan adanya Griya, maka otomatis bangunan disamping-sampingnya juga ikut berubah menjadi bangunan-bangunan komersial, banyak rumah makan bermunculan, kantor dan Circle-K.


Perkembangan ini juga ternyata berpengaruh tidak hanya bagi kita manusia penghuni bandung, tetapi juga pohon-pohon yang seperti yang disebutkan diatas membuat jalan Sunda menjadi teduh dan nyaman dilihat.


Foto diatas adalah gambaran penebangan yang makin sering dilakukan di Bandung, dan saya tetap berpihak pada sisi pohon. Anda bisa lihat plang XL di pinggir pohon itu, saya yakin kepentingan penebangan pohon bukanlah untuk alasan pemeliharaan, karena banyak pohon yang ditebang di bandung kebanyakan masih sehat, malahan ada pohon yang sudah ditebang setengahnya masih bisa tumbuh lagi.


Dugaan terbesar saya akan penebangan ini adalah untuk kepentingan pemilik modal yang ingin membuat banner, media promosi, neon sign, dan media promo lainnya di daerah yang dulunya di tumbuhi pohon. Kita lihat beberapa minggu ke depan, apakah ada media promosi tumbuh di sana mennggantikan pohon, atau akan tumbuh pohon baru.


Sampai waktu itu, kita tetap harus merenung dan membela hak pohon-pohon di Bandung untuk bisa tetap tumbuh dan yang terpenting, hak untuk dipelihara dengan baik, termasuk pemeliharaan ranting-ranting yang tua dan peremajaan.....



Tidak ada komentar: